Category: motherhood

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

cara mengatasi ruam popok

Kalau di tulisan saya yang ini saya sudah membahas tentang cara mengatasi susah buang air besar pada balita. Nah, sekarang di postingan kali ini, saatnya saya membahas cara ampuh untuk menghilangkan ruam popok yang sering dialami oleh bayi.

Sewaktu bayi, Adin jarang banget mengalami ruam popok. Kalau enggak salah hitung, sampai umur 8 bulan, Adin enggak lebih dari tiga kali ngalamin ruam popok. Itupun setiap ruam, enggak pernah lebih dari sehari. Cepet banget hilangnya. Tapiiii… di umur sembilan bulan, saya yang keburu kepedean ngerasa Adin enggak mungkin kena ruam popok lagi akhirnya kualat. HAHA.. Dan herannya meski udah dua hari , tetap enggak hilang-hilang juga. Padahal saat kejadian, saya coba buat enggak pakaikan pospak seharian. Pospaknya diganti dengan popok kain. Udah gitu, saya juga enggak pernah absen buat oles krim anti iritasi kulit ke daerah yang ruam. Tapi, ternyata ya cuma berkurang sedikit banget. sisanya masih merah dan gatal.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar pada Balita

mengatasi susah buang air besar pada balita

Sebagai Ibu-ibu, pasti pernah dong ngalamin susah buang air besar pada anaknya?! Kalau udah pernah ngalamin ini, pasti tau juga gimana rasanya kasian ngeliat anak yang ngeden terus-terusan karena buang air besarnya keras dan gak lancar.

Tenang ibu-ibu, kalian enggak sendirian!

Karena sepanjang saya jadi orangtua, saya juga lumayan sering ngalamin masalah ini.

Kadang, saya tuh hati-hati banget ngasih makan Adin untuk menghindari susah buang air besar karena keras. Bahkan saya juga punya daftar beberapa makanan yang sekiranya jadi penyebab Adin sembelit. Tapi meskipun begitu, ternyata Adin masih aja susah buat terhindar dari masalah ini. Apalagi, semenjak berumur satu tahun, frekuensi Adin ngalamin sembelit jadi jauh lebih sering.