Category: how to

5 Ide Hampers Hari Raya

hampers hari raya

Menyambut Raya Idul Fitri tahun ini, alhamdulillah keluarga kami dapet banyak banget hampers hari raya. Enggak seperti tahun-tahun sebelumnya yang didominasi kue kering, voucher belanja, atau perlengkapan ibadah, hampers lebaran tahun ini justru banyak berisi benda-benda unik sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi.

Meskipun idul fitri/lebaran udah lewat, di postingan kali ini saya akan kasih ide hampers yang bisa kalian kasih ke keluarga atau kerabat di saat hari raya atau momen penting lainnya.

Operasi Gigi Bungsu dengan BPJS, Gratis! [Bagian 1]

odontektomi gratis dengan BPJSSaat pemeriksaan gigi rutin di akhir tahun 2019, saya sempat mengeluhkan gigi bungsu bagian bawah yang goyang. Ketika itu, dokter menyarankan untuk melakukan pencabutan karena kondisi gigi sudah sulit dipertahankan. Menurut dokter, gigi goyang saya disebabkan oleh gigi geraham di sebelahnya yang sudah lama tanggal. Karena tidak ada gigi lain di sebelahnya, gigi yang goyang terpaksa harus menahan beban makanan sendirian saat mengunyah. Kalaupun dipasang gigi palsu, kemungkinan gigi geraham bungsu ini enggak akan bertahan lama. Tapi karena takut gigi ompongnya nambah, saya pun menunda pencabutan.

Sampai suatu ketika di pertengahan tahun 2020, gigi geraham bungsu ini terasa sakit, gusi jadi bengkak, dan makin terasa bergesekan dengan gigi geraham atas saat mengunyah. Tapi karena adanya pandemi Covid-19, saya menunda kunjungan ke dokter gigi dan bertahan sebisanya dengan mengkonsumsi obat nyeri saat sakit.

Cara Membuat SKCK di Polres Jakarta Selatan

Hal-hal yang berbau birokrasi hampir selalu bikin saya gak nyaman. Selain ribet, berbelit-belit, prosesnya pasti cenderung lama dan gak praktis. Makanya, pas saya ada kebutuhan untuk membuat SKCK ke Polres, rasanya males banget. Tapi pas saya cari-cari tahu, kok kayaknya sekarang prosedurnya lebih mudah dan cepat. Dan bener aja.. setelah tanya ke salah satu teman yang sudah pernah ngurus SKCK, saya dapat info bahwa membuat SKCK di Jakarta Selatan sudah bisa dilakukan secara online. Ya, meskipun belum sepenuhnya online. Tapi, paling tidak dengan adanya sistem baru ini, proses membuat SKCK kini menjadi lebih mudah.

Langkah pertama yang saya lakukan sebelum datang ke Polres adalah mendaftar pembuatan SKCK terlebih dahulu di aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan. Pendaftaran online sebaiknya dilakukan sebelum datang ke Polres agar tidak buang-buang waktu. Aplikasi ini bisa diunduh di playstore dan sayangnya masih belum tersedia untuk IOS. Bagi pengguna IOS, kalian bisa langsung datang aja ke Polres Metro Jakarta Selatan yang berlokasi di Jl. Wijaya II No.42, RT.2/RW.1, Pulo, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan sambil membawa persyaratan. Pendaftaran online akan dilakukan di tempat melalui komputer yang disediakan oleh pihak Polres.

tampilan aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan di playstore