Cara Membuat SKCK di Polres Jakarta Selatan

Hal-hal yang berbau birokrasi hampir selalu bikin saya gak nyaman. Selain ribet, berbelit-belit, prosesnya pasti cenderung lama dan gak praktis. Makanya, pas saya ada kebutuhan untuk membuat SKCK ke Polres, rasanya males banget. Tapi pas saya cari-cari tahu, kok kayaknya sekarang prosedurnya lebih mudah dan cepat. Dan bener aja.. setelah tanya ke salah satu teman yang sudah pernah ngurus SKCK, saya dapat info bahwa membuat SKCK di Jakarta Selatan sudah bisa dilakukan secara online. Ya, meskipun belum sepenuhnya online. Tapi, paling tidak dengan adanya sistem baru ini, proses membuat SKCK kini menjadi lebih mudah.

Langkah pertama yang saya lakukan sebelum datang ke Polres adalah mendaftar pembuatan SKCK terlebih dahulu di aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan. Pendaftaran online sebaiknya dilakukan sebelum datang ke Polres agar tidak buang-buang waktu. Aplikasi ini bisa diunduh di playstore dan sayangnya masih belum tersedia untuk IOS. Bagi pengguna IOS, kalian bisa langsung datang aja ke Polres Metro Jakarta Selatan yang berlokasi di Jl. Wijaya II No.42, RT.2/RW.1, Pulo, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan sambil membawa persyaratan. Pendaftaran online akan dilakukan di tempat melalui komputer yang disediakan oleh pihak Polres.

tampilan aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan di playstore

Cara Daftar Online Pembuatan SKCK di Aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan.

  1. Unduh aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan di playstore;
  2. Buat akun pendaftaran menggunakan email;
  3. Pilih menu “SMART SKCK” yang ada pada pojok kanan tampilan aplikasi;
  4. Pilih Jenis permohonan SKCK, apakah “jenis permohonan baru” atau “perpanjang SKCK”. Di bagian ini, saya memilih “baru” karena saya belum pernah membuat SKCK sebelumnya.
  5. Isi semua kolom serta jawaban yang ada pada formulir. Untuk kolom dan pertanyaan yang jawabannya tidak ada (seperti pada bagian perkara pidana) saya isi dengan kata “tidak ada” pada kolom jawaban. Sedangkan untuk kolom isian khusus WNA, saya tidak isi sama sekali.
  6. Setelah semua formulir sudah diisi dan dicek kembali, klik “kirim data”.

Persyaratan Dokumen yang Harus Dibawa.

Aplikasi akan memberikan notifikasi mengenai persyaratan dokumen yang perlu dibawa ke Polres Jakarta Selatan untuk proses selanjutnya. Di esok harinya, (di hari kerja) saya datang ke Polres Metro Jakarta Selatan dengan membawa dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK), KTP, dan akte kelahiran masing-masing 1 lembar;
  2. Pas photo 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak 4 lembar.

Proses Lanjutan di Polres Metro Jakarta Selatan.

Semua dokumen di atas saya serahkan ke loket pendaftaran SKCK. Di bagian atas dokumen, saya tuliskan kode verifikasi yang tercantum di aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan. Di bagian ini, saya juga melakukan pembayaran jasa pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000,-  secara cash kepada petugas pendaftaran.

Setelah dicek kelengkapan dokumennya dan melakukan pembayaran, saya diarahkan untuk membawa dokumen tersebut ke ruang INAFIS untuk mencetak kode sidik jari. Jika sudah selesai, petugas di bagian INAFIS akan kembali menyerahkan dokumen yang kita serahkan untuk dibawa lagi ke bagian pencetakan SKCK (lokasinya ada di samping loket pendaftaran).

Ruang INAFIS dan komputer tempat mendaftar bagi yang tidak memiliki handphone android (Sumber gambar: di sini)

Tidak sampai 5 menit, SKCK saya pun sudah jadi dan bisa saya bawa pulang. Total waktu keseluruhan untuk membuat SKCK ternyata tidak sampai 20 menit. Tentunya ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang karena sangat tergantung waktu pembuatan dan ramai atau tidaknya orang yang akan membuat SKCK saat itu. Pas saya buat ini, kebetulan hanya ada 1 orang sebelum saya yang mengantri. Apalagi saya datang masih pagi sekitar pukul 09:00 WIB. Oiya, untuk jam operasional pembuatan SKCK buka mulai pukul 08:00-13:30WIB** ya!

Note:

  1. **saya gak yakin apakah jam operasionalnya sama dengan hari biasa, karena kebetulan saya membuat SKCK pada saat ramadhan. Saran saya, usahakan untuk datang pagi.
  2. SKCK hanya bisa diurus di Polsek/Polres sesuai alamat yang tercantum pada KTP.
  3. Siapkan fotokopi dokumen dari rumah dan jangan lupa bawa pulpen & klip kertas sendiri.
  4. Siapkan uang cash pada saat pembayaran biaya pembuatan SKCK.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *