Operasi Gigi Bungsu dengan BPJS, Gratis! [Bagian 1]

odontektomi gratis dengan BPJSSaat pemeriksaan gigi rutin di akhir tahun 2019, saya sempat mengeluhkan gigi bungsu bagian bawah yang goyang. Ketika itu, dokter menyarankan untuk melakukan pencabutan karena kondisi gigi sudah sulit dipertahankan. Menurut dokter, gigi goyang saya disebabkan oleh gigi geraham di sebelahnya yang sudah lama tanggal. Karena tidak ada gigi lain di sebelahnya, gigi yang goyang terpaksa harus menahan beban makanan sendirian saat mengunyah. Kalaupun dipasang gigi palsu, kemungkinan gigi geraham bungsu ini enggak akan bertahan lama. Tapi karena takut gigi ompongnya nambah, saya pun menunda pencabutan.

Sampai suatu ketika di pertengahan tahun 2020, gigi geraham bungsu ini terasa sakit, gusi jadi bengkak, dan makin terasa bergesekan dengan gigi geraham atas saat mengunyah. Tapi karena adanya pandemi Covid-19, saya menunda kunjungan ke dokter gigi dan bertahan sebisanya dengan mengkonsumsi obat nyeri saat sakit.

Bukannya makin baik, permasalahan gigi malahan makin nambah lagi. Gigi geraham bungsu bagian atas tiba-tiba patah saat mengunyah. Rasanya nyeri dan ngilu banget. Ampun, deh. Apalagi pas minum yang dingin dan manis.

Karena sudah sangat mengganggu, saya pun memutuskan untuk berobat ke dokter gigi di klinik Faskes 1 menggunakan BPJS. Saya konsul semua permasalahan gigi dan diskusi dengan dokternya. Saya juga minta untuk dirujuk ke dokter gigi spesialis periodonti di RS Marinir Cilandak agar bisa ditangani lebih lanjut. Dikarenakan klinik hanya melayani 1 tindakan/hari/pasiennya bagi pasien BPJS, jadi saya butuh sekali kunjungan lagi untuk meminta surat rujukan ke rumah sakit.

Tanpa nunggu berhari-hari, setelah memastikan jadwal praktek dokter spesialis periodonti di RS Marinir Cilandak, saya langsung datang lagi ke klinik untuk minta surat rujukan.

Dan berikut dokumen yang harus dibawa saat mendaftar di rumah sakit:

  1. Fotokopi surat rujukan dari fasilitas kesehatan 1 (klinik) 1 lembar
  2. Fotokopi KTP 1 lembar
  3. Fotokopi kartu BPJS 1 lembar

Jika sebelumnya kita harus datang pagi-pagi untuk mendaftar langsung di rumah sakit, sekarang RS Marinir Cilandak sudah menerapkan pendaftaran online via whatsapp.

Di RS Marinir Cilandak, saya ditangani oleh dokter drg. Caecilia Susetya Wahyu Nurhaeni, Sp.Perio. Bukan tanpa alasan saya memilih RS Marinir Cilandak dan ditangani drg. Caecilia. Selain karena saya terbiasa berobat di rumah sakit ini, sebelumnya saya pernah menemani bapak saya berobat dengan drg. Caecilia. Sepengamatan saya, beliau sabar menghadapi pasien dan enak diajak konsultasi.

Pada kunjungan pertama, drg. Caecilia menyarankan untuk dirujuk ke dokter gigi spesialis bedah mulut untuk mencabut semua gigi bungsu termasuk gigi geraham bungsu yang goyang. drg. Caecilia juga melakukan tindakan pengikisan pada beberapa gigi untuk mengurangi ngilu.

Di kunjungan kedua, saya mulai konsul dengan drg. Heri Herliana, Sp.BM. Oleh drg. Heri, saya disarankan untuk mencabut gigi geraham bungsu yang bermasalah dan menganggu melalui operasi. Namun sebelum itu saya diarahkan untuk melakukan ronsen panoramik. Hasil dari ronsen panoramik, drg. Heri memutuskan hanya 3 gigi geraham bungsu yang akan dicabut karena 1 geraham bungsu sisanya kondisi dan posisinya bagus.

Cerita lanjutan mengenai persiapan, proses operasi, serta pemulihannya akan saya share di postingan terpisah, ya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *